ABSTRAK
RAHAYUNINGSIH, S.Pd., M.Pd. Implementasi
Teknik IM2 (Interactive Mind Mapping) sebagai Upaya dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas XA SMK
Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun 2011/2012.
Karya Tulis Ilmiah. Penelitian Tindakan Kelas.
Surakarta, Juni 2012.
Penelitian bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada
siswa kelas XA SMK Muhammadiyah 4 Surakarta semester gasal tahun pelajaran
2011/2012.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus penelitian. Subjek
penelitian adalah siswa kelas kelas XA SMK Muhammadiyah 4 Surakarta program keahlian farmasi yang
berjumlah 30 orang. Setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini
terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan;
(3) hasil observasi, dan; (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan
teknik tes dan non tes. Analisa data menggunakan analisa data
kualitatif yang dianalisa dengan menggunakan model analisa interaktif.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan partisipasi siswa
dalam proses pembelajaran terus meningkat dari sebelum siklus I ( 56.6%), siklus I (73.3%), dan siklus II (100%). Hasil
belajar siswa juga terus meningkat dari sebelum siklus I (70%), siklus I (80%), dan siklus II (96.7%). Dengan demikian selama pelaksanaan kedua siklus
penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi
teknik IM2 (Interactive Mind Mapping)
mampu meningkatkan proses dan hasil belajar PKn sehingga hipotesis yang menyatakan ”Implementasi teknik IM2 (Interactive Mind Mapping) dapat
meningkatkan proses dan hasil belajar PKn siswa kelas XA SMK Muhammadiyah 4
Surakarta semester gasal tahun pelajaran 2011/2012” dapat dibuktikan kebenarannya.
Kata Kunci : teknik
IM2 (Interactive Mind Mapping) – hasil
belajar PKn
No comments:
Post a Comment