Friday 1 June 2012

ABSTRAK PTK PKn: IMPLEMENTASI TEKNIK IM2

ABSTRAK


RAHAYUNINGSIH, S.Pd., M.Pd. Implementasi Teknik IM2 (Interactive Mind Mapping) sebagai Upaya dalam Meningkatkan  Hasil Belajar PKn Siswa Kelas XA SMK Muhammadiyah 4 Surakarta  Tahun 2011/2012. Karya Tulis Ilmiah. Penelitian Tindakan Kelas.  Surakarta, Juni 2012.


      Penelitian bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas XA SMK Muhammadiyah 4 Surakarta semester gasal tahun pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus penelitian. Subjek penelitian adalah siswa kelas kelas XA SMK Muhammadiyah 4 Surakarta program keahlian farmasi yang berjumlah 30 orang. Setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) hasil observasi, dan; (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Analisa data menggunakan analisa data kualitatif yang dianalisa dengan menggunakan model analisa interaktif.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan partisipasi siswa  dalam proses pembelajaran terus meningkat dari sebelum siklus I ( 56.6%),  siklus I (73.3%), dan siklus II (100%). Hasil belajar siswa juga terus meningkat dari sebelum siklus I (70%),   siklus I (80%), dan siklus II (96.7%). Dengan demikian selama pelaksanaan kedua siklus penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi teknik IM2 (Interactive Mind Mapping) mampu meningkatkan proses dan hasil belajar PKn sehingga hipotesis yang menyatakan ”Implementasi teknik IM2 (Interactive Mind Mapping) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar PKn siswa kelas XA SMK Muhammadiyah 4 Surakarta semester gasal tahun pelajaran 2011/2012” dapat dibuktikan kebenarannya.

Kata Kunci : teknik IM2 (Interactive Mind Mapping) – hasil belajar PKn

No comments:

Post a Comment