Wednesday 24 October 2012

Diskusi "Ringan" PKn Kelas XB.


DISKUSI  PKN
Tentang tawuran, penyebabnya apa dan bagaimana penyelesaiannya?
Jawab :
Penyebab dari tawuran adalah:
1.            Terjadinya kesalahpahaman antara kedua belah pihak yang menyebabkan ketidakpuasan dan timbul rasa dendam didalam dirinya. Saling olok mengolok misalnya ada siswa SMA lain yang mendapat juara tetapi SMA yang satunya iri & ingin membalasnya dengan cara mengejek SMA tersebut yang menyebabkan pertengkaran dan atas ketidakterimaan itu terjadilah tawuran.
2.           Kurang adanya pengawasan & bimbingan dari kedua orangtua yang membuat pribadi seseorang menjadi brutal, tidak tau sopan santun dan akibat dari hal yang diperbuatnya.
3.            Pengaruh negative dari kemajuan IPTEK karena tanpa dibarengi dengan “benteng” IMTAQ pada diri siswa sehingga mudah tersulut emosi.
4.             Rasa kesetiakawanan yang tidak logis dan asal-asalan.

Cara mengantisipasinya:
1.            Menjadi pribadi yang selalu bisa mengontrol dirinya untuk meluapkan emosi, benci, dan amarahnya.
2.           Perlunya perhatian khusus dari kedua orangtuanya dan memberikan kasih sayang yang tulus kepada anak tersebut supaya menjadi lebih baik.
3.        Berikan bimbingan keagamaan yang sesuai dengan agama yang dianut untuk mengantisipasi tawuran itu terjadi dan berilah pengertian bahwa tawuran itu amat sangat merugikan.
4.            Yang terpenting dari semua itu adalah adanya kekuatan IMTAQ pada diri siswa yang dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

Tentang SOLO dikatakan basis terorisme, dan bagaimana cara membersihkan citra tersebut?
Jawab :
SOLO dikatakan basis terorisme sebenarnya SAMA SEKALI TIDAK BENAR. Hal itu terjadi karena kelengahan aparat penegak hukum yang membuat para teroris menyebar ke seluruh kawasan Indonesia, dan teroris tersebut dapat masuk kedalam lingkup SOLO atau kota mana saja.
Cara mengatasinya:
yaitu bekerjasama dengan aparat, pemerintah, dan masyarakat wilayah SOLO khususnya untuk membekuk para terori yang ada disekitarnya agar tidak menyebar luas kedaerah-daerah lain sebelum terlambat dan adanya muatan pendidi anti teroris di sekolah.

Tentang PPKn yang materinya 4 pilar kebangsaan: PANCASILA, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika, menurut pendapat anda bagaimana?
Jawab:
Setuju dengan adanya materi PPKn yang mencakup empat pilar kebangsaan agar seluruh siswa di Indonesia mempunyai karakter kebangsaan, patriotisme, dan cinta tanah air yang selama ini dilalaikan oleh seluruh warganya dan juga untuk mencetak generasi baru yang cerdas, bermoral dan punya rasa “memiliki” shg berusaha membangun negaranya agar lebih maju lagi dan tetap eksis dan mampu bersaing dengan negara-negara yang lain  didunia.                                                                                              

Oleh:
Saras Fatma A.  (XB/24)
Widya Ainushifa A.     (XB/26)

No comments:

Post a Comment