Saturday 23 October 2010

OUTDOOR LEARNING PEMBELAJARAN IPS KELAS X

MATERI & TUGAS
PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS (OUTDOOR  LEARNING) IPS
KELAS X PROGRAM KEAHLIAN FARMASI
SMK MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA
SABTU, 23 OKTOBER 2010


Standar Kompetensi :
1. Memahami Kehidupan sosial manusia.
1.1  Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial
1.2  Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
1.3  Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial

LOKASI DAN SUMBER DATA:
      Lokasi             :
      Sepanjang jalan Slamet Riyadi Surakarta, khususnya depan     SMK Muhammadiyah 4 Surakarta hingga Pusat Perbelanjaan Solo Square.
      Sumber Data  :
      Para pedagang asongan, pengamen, peminta-minta, pembeli, polisi, pertugas parkir, tukang becak, pemakai jalan dan lain-lain.

MATERI
Pengertian Interaksi sebagai Proses Sosial
Manusia dalam hidup bermasyarakat, akan saling berhubungan dan saling membutuhkan satu sama lain. Kebutuhan itulah yang dapat menimbulkan suatu proses interaksi sosial.
Maryati dan Suryawati (2003: 22) menyatakan bahwa interaksi sosial adalah kontak atau hubungan timbal balik atau interstimulasi dan respons antar individu, antar kelompok atau antar individu dan kelompok. Pendapat lain dikemukakan oleh Murdiyatmoko dan Handayani (2004: 50) yaitu interaksi sosial adalah hubungan antar manusia yang menghasilkan suatu proses pengaruh mempengaruhi yang menghasilkan hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembentukan struktur sosial. Interaksi positif hanya mungkin terjadi apabila terdapat suasana saling mempercayai, menghargai, dan saling mendukung (Siagian, 2004:  216).
Berdasarkan definisi di atas maka, dapat disimpulkan  bahwa interaksi sosial adalah suatu hubungan antar sesama manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain baik itu dalam hubungan antar individu, antar kelompok maupun atar individu dan kelompok.

Macam-Macam Interaksi Sosial
Menurut Maryati dan Suryawati (2003: 23),  interaksi sosial dibagi menjadi tiga macam, yaitu:
1. Interaksi antara individu dan individu.
2. Interaksi antara individu dan kelompok
3. Interaksi sosial antara kelompok dan kelompok

Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial
Berdasarkan pendapat Tim Sosiologi (2002: 49), interaksi sosial dikategorikan ke dalam dua bentuk:
1.      Interaksi sosial yang bersifat asosiatif, yakni yang mengarah kepada bentuk - bentuk asosiasi (hubungan atau gabungan) seperti :
a.       Kerja sama
b.      Akomodasi
c.       Asimilasi
d.   Akulturasi
2.  Interaksi sosial yang bersifat disosiatif, yakni yang mengarah kepada bentuk - bentuk pertentangan atau konflik, seperti :
            a.   Persaingan
            b.   Kontravensi
            c.   Konflik

 TUGAS SISWA
1.      Amati keadaan di sekitar Anda dengan seksama. Kemudian berikan opini Anda tentang interaksi sosial yang terjadi di lokasi tersebut bila dibandingkan dengan interaksi sosial yang terjadi di sekolah Anda, ditinjau dari macam-macam dan bentuk interaksi sosial.
2.      Dengan melakukan observasi dan interview (wawancara), galilah data sebagai berikut.
a.       Kegiatan manakah yang termasuk dalam interaksi antara individu dan individu, interaksi antara individu dan kelompok serta interaksi sosial antara kelompok dan kelompok ? Berikan penjelasan beserta contohnya!
b.      Kegiatan manakah yang termasuk dalam bentuk interaksi asosiatif dan interaksi disasosiatif? Berikan penjelasan beserta contohnya!
3.      Galilah data dari responden, apakah pernah terjadi konflik di antara mereka. Konflik apa saja dan apa yang menjadi penyebabnya?
Menurut pendapat Anda, mengapa dalam interaksi sosial yang Anda amati lebih mudah mengarah ke interaksi disasosiatif khususnya konflik dan upaya apa saja yang harus dilakukan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi konflik.

Selamat Bekerja & Sukses untuk Anda

No comments:

Post a Comment